Minggu, 31 Agustus 2014

Kalau sebelumnya saya sudah share membuat game kapal yang mirip space impact sekarang saya akan memberi tutorial membuat game bounce. ya walaupun gak mirip2 amat hehehheee. Langsung saja disimak:  

- Buat sebuah dokumen flash baru, pilih actionscript 2.0.
- Buat objek berbentuk kotak menggunakan rectangel tool untuk jadi tembok berpijak. Ukuran objek kotaknya 40X40 (W : 40 & H : 40).

- Klik kanan pada kotak yang tadi dibuat pilih Convert to Symbol.

- Buat sebuuah lingkaran menggunakan oval tool, dengan ukuran 20X20.

- Klik kanan pada lingkaran yang tadi dibuat pilih Convert to Symbol.

- Klik 2x pada lingkaran yang di beri nama bola tadi. Buatlah sensor berbentuk kotak atau bentuk apa saja, lalu ubah menjadi movieclip dengan cara klik kanan convert to symbol.

- Lalu letakkan sensor diatas gambar lingkaran.

- Isi instance name setiap sensor misalnya sensor yang ada di atas instace name nya sensorAtas_mc lalu sensor yang ada di kanan instace name nya sensorKanan_mc.
- Kembali ke scene 1 dengan cara mengklik tulisan scene 1 yang ada di kiri atas.

- Hapus semua movieclip atau objek yang ada di dalam stage, sehingga stage menjadi bersih.
- Klik pada layer 1 frame 1 kemudian tekan F9 untuk menampilkan panel Actions – Frame, lalu ketikkan script berikut :


_root.createEmptyMovieClip("stage_mc", 0);
_root.attachMovie("bola", "bola_mc", 1);

bola_mc._x = 100;
bola_mc._y = 100;

bola_mc.sensorBawah_mc._visible = false
bola_mc.sensorAtas_mc._visible = false
bola_mc.sensorKiri_mc._visible = false
bola_mc.sensorKanan_mc._visible = false

var jumlahKotak = 0;
buatStage();

var percepatan = 0.4;
var kecepatan = 0;
var sedangLompat = false;
var lokasiBackground = 0;

_root.onEnterFrame = function() {
if (Key.isDown(Key.UP) && sedangLompat == false) {
sedangLompat = true;
kecepatan = -8;
bola_mc._y += kecepatan;
}
if(Key.isDown(Key.RIGHT)){
lokasiBackground -= 5;
}
if(Key.isDown(Key.LEFT)){
lokasiBackground += 5;
}
var gerakKebawah = true;
for(var i=0;i<jumlahKotak;i++){
if(_root.stage_mc["kotak_"+i].hitTest(bola_mc.sensorBawah_mc)){
gerakKebawah = false;
kecepatan = 0;
sedangLompat = false;
bola_mc._y = _root.stage_mc["kotak_"+i]._y;
}else if(_root.stage_mc["kotak_"+i].hitTest(bola_mc.sensorAtas_mc)){
kecepatan = 2;
}else if(_root.stage_mc["kotak_"+i].hitTest(bola_mc.sensorKanan_mc)){
lokasiBackground += 5;
}else if(_root.stage_mc["kotak_"+i].hitTest(bola_mc.sensorKiri_mc)){
lokasiBackground -= 5;
}
}
if(gerakKebawah == true){
kecepatan += percepatan;
bola_mc._y += kecepatan;
}
stage_mc._x = lokasiBackground;
};
function buatStage() {
var array:Array = [ [1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1],
[0, 0, 1, 1, 1, 1, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 0, 0, 0, 0, 0, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1],
[0, 0, 0, 0, 1, 1, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 1, 1],
[0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 1, 1, 1, 1, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 1, 1],
[0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 1, 1, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 1, 1, 1, 1],
[0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 1, 1, 1, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 1, 1, 0, 0, 1, 1],
[0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 1, 1, 1, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 1, 1, 0, 0, 0, 0, 1, 1],
[0, 0, 0, 0, 0, 1, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 1, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 1, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 1, 1],
[0, 0, 0, 0, 1, 1, 1, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 1, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0],
[1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 0, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 0, 0, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1, 1]];
for(var i=0;i<array.length;i++){
for(var j=0;j<array[0].length;j++){
if(array[i][j] == 1){
var kotak = stage_mc.attachMovie("Kotak","kotak_"+jumlahKotak,stage_mc.getNextHighestDepth());
kotak._x = 40*j;
kotak._y = 40*i;
jumlahKotak++;
}
}
}
}



- lalu tekan ctrl+enter untuk melihat hasilnya.

Download Source Code : SINI

1 komentar:

  1. Membuat Game Bounce Dengan Adobe Flash - --Selamat Datang Di Denocode.Blogspot.Com-- >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Membuat Game Bounce Dengan Adobe Flash - --Selamat Datang Di Denocode.Blogspot.Com-- >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Membuat Game Bounce Dengan Adobe Flash - --Selamat Datang Di Denocode.Blogspot.Com-- >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK Mq

    BalasHapus